Logistik Terpercaya Surabaya Indonesia

Logistik Terpercaya Surabaya Indonesia.

Penggunaan batu bara untuk pembangkit tenaga listrik masih menjadi kebutuhan yang urgent hingga saat ini. Konsumsi batu bara ini pada akhirnya banyak menuai kecaman dari para pegiat lingkungan hidup karena dinilai menimbulkan polusi dan merusak lingkungan. Namun, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati B memiliki cara jitu untuk menepis rasa kekhawatiran tersebut.

Paradigma batu bara yang kotor, hitam, dan tidak ramah lingkungan ini menjadi tantangan yang perlu dijawab oleh PLTU yang terletak di Desa Tubanan, Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah itu, dengan berbagai macam solusi. Salah satu caranya adalah dengan penggunaan teknologi batu kapur dalam proses Flue Gas Desulfurization (FGD).

PLTU Bima Masih Belum Beroperasi

FGD merupakan proses pencampuran emisi gas hasil pembakaran batu bara dengan zat pengikat agar kandungan sulfur yang dilepaskan ke atmosfer rendah. Pada umumnya zat pengikat yang digunakan oleh PLTU adalah air laut. ”Hingga hari ini PLTU Tanjung Jati B adalah satu-satunya PLTU di Indonesia yang menggunakan teknologi batu kapur,” terang General Manager PLN Pembangkitan Tanjung Jati B, Ari Basuki.

Ari mengungkapkan bahwa penggunaan air laut untuk FGD sebenarnya sudah cukup dalam menurunkan konsentrasi emisi sulfur batu bara hingga 90 persen. Namun karena komitmen PLN dalam menjaga kualitas udara bagi masyarakat dan lingkungan sekitar, batu kapur tetap menjadi pilihan karena bisa menurunkan hingga 98 persen. Walaupun penggunaan batu kapur dalam FGD memerlukan investasi yang lebih besar, yaitu sekitar 11-14 persen dari capital cost dibandingkan air laut yang hanya 7-10 persen. Investasi peralatan FGD di PLTU Tanjung Jati B mencapai Rp 1,5 triliun untuk 2 x 710 MW. Hasilnya, 10 tahun beroperasi, sulfur yang terkandung dalam emisi gas PLTU Tanjung Jati B hanya berada di kisaran angka 100 mg/m3 dari baku mutu yang ditetapkan pemerintah saat ini sebesar 750 mg/m3.

Logistik Terpercaya Surabaya Indonesia.

Bahkan, kondisi suhu udara di Jepara sepuluh tahun terakhir menurut BMKG justru mengalami banyak penurunan hingga 0,5 derajat celsius. ”Tidak hanya memenuhi regulasi yang ditetapkan pemerintah, namun juga berusaha melampaui standar global dalam rangka ingin menjadi pemain kelas dunia”, ungkap Ari Basuki. Terbukti di tahun 2012, majalah kelistrikan internasional, Power Magazine menempatkan PLTU Tanjung Jati B menjadi Coal-Fired Top Plant atau 6 PLTU terbaik di dunia.

Selain FGD, PLN Tanjung Jati B juga melaksanakan beberapa kegiatan CSR yang bertujuan untuk mengurangi pencemaran udara di langit Jepara. Seperti, konservasi Pulau Panjang yang telah menanam lebih dari 1.000 lamun yang dipercaya bisa menangkap 70 persen emisi. Juga penanaman secara rutin di lebih dari 5 kilometer pantai yang telah berhasil menumbuhkan 2.500 pohon cemara laut.

Upaya tersebut dilakukan tidak lain untuk menjaga kualitas udara bagi masyarakat dan lingkungan sekitar, selain ikut serta dalam program penurunan 6 persen emisi nasional tahun 2019. ”Jadi tidak mengherankan jika melalui FGD, PLTU Tanjung Jati B kembali mendapatkan predikat PLTU terbaik di ASEAN kategori Inovasi dalam Manajemen Program Pengembangan Batu Bara tahun 2015,”

Kami PT. Dede Transutama adalah salah satu perusahaan Logistik yang sudah sering menangani pengiriman barang seperti batu kapur atau pasir silika sebagai penunjang bahan baku PLTU yang ada di Indonesia. insyaaAllah kita akan menjaga amanah dengan baik dan bekerja dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan kesepakatan.

Silahkan kontak kami untuk diskusi mengenai barang yang akan dimuat

Untuk Barang kami bisa handle sesuai dengan kebutuhan customer

PT. Dede Transutama

Call/WA : 082131352425 atau 0811323239

Email : [email protected]

Web : www.dtuforwarder.co.id

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *